IKLAN

Rp 100.000,- / 2 bulan

Dampak Positif dan Negatif penggunaan Teknologi, Informasi dan Komunikasi

A. Dampak Positif
    Perkembangan teknologi informasi dan kumunikasi dapat meningkatkan kehidupan manusia, yang berarti keberadaan teknologi infomasi dan komunikasi dapat memberi manfaat atau keuntungan bagi kehidupan manusia. Ketika mengunakan telepon, menonton televisi, mengerjakan tugas dengan komputer dan mengunakan fasilitas internet, sehingga apapun masalah kita sangat mudah kita atasi.

   Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan dan memudahkan manusia untuk dapat saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau. Informasi dari belahan dunia lain dengan mudah dapat diterima dengan cepat , aktivitas komunikasi antar dua tempat yang berjauhan menjadi lebih mudah dan cepat dengan mudah mengunakan alat – alat teknologi informasi dan komunikasi.

   Dalam bidang pendidikan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berpotensi untuk membangun masyarakat yang demokratis, hal ini ditandai adanya hubungan guru dengan mahasiswa , guru dan guru, dan antara guru, mahasiswa, orang tua dan masyarakat dalam kaitannya dengan proses pendidikan dalam dan diluar sekolah.


B. Dampak Negatif
   Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sering dianggap sebagai kebaikan atau kemudahan bagi para penggunanya. Namun, ketika nalar, kemampuan dan iman kita belum memadai atau tidak siap untuk mengikuti perkembangan tersebut, apakah kemudahan atau kebaikan yang dijanjikan bisa menjadi kenyatan dan bisa dinikmati.

   Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya menimbulkan efek positif yang kontruktif (membangun), tetapi juga menimbulkan efek negatif yang destruktif (merusak). Efek negatif tersebut disebabkan oleh perkembangan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ) tak seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penguasaan IPTEK bahkan digunakan untuk menggali prosedur –prosedur yang jujur sehingga lahirlah cyber crime (pembajakan kartu kredit). Selain itu, penguasaan IPTEK malah digunakan untuk memuaskan hasrat duniawi sehingga lahirlah cyber porn (penyebaran aktivitas penyimpangan seksual dalam bentuk teks, gambar, maupun audio visual).

   Adapun efek negatif lainnya dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi adalah semakin maraknya aktivitas pembajakan program komputer dan VCD, CD, DVD aktifitas tersebut merupakan tindak kriminalitas yang diatur oleh undang–undang karena termasuk kegiatan ilegal yang secara financial dapat merugikan pihak lain.



Pustaka :
1.Lia Kuswanto. 2006 dkk Mahir Berkomputer
2.Nugraha,Aries Setya.2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi

No comments:

Post a Comment